Halaman Panduan

Ketentuan Umum & Panduan bertransaksi menggunakan jasa perantara.co.id

Ketentuan Umum

  1. Perantara.co.id adalah jasa agensi pemasaran properti & bukan merupakan pemilik dari properti-properti yang dipasarkan
  2. Perantara.co.id hanya memungut komisi/imbal jasa dari pihak penjual/developer  & tidak memungut biaya apapun terkait jual-beli kepada pembeli
  3. Dengan menggunakan jasa Perantara.co.id, maka kami akan memiliki akses ke Informasi Pribadi yang anda kirimkan dengan sukarela ke Situs kami, seperti, namun tidak terbatas pada,  alamat email, nomor telepon & data lain nya. Maka  kami berharap anda bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan informasi tersebut. Kami tidak dapat dimintakan pertanggungjawaban atas data yang dikirimkan oleh anda atau orang lain yang bertindak atas nama anda ke Situs kami. Namun, kami berhak untuk memantau dan memeriksa informasi yang anda kirimkan ke Situs. Kami memiliki hak untuk menyensor,menghapus, atau melarang pengiriman informasi yang dianggap perlu untuk tujuan melindungi properti dan hak-hak Perantara.co.id
  • Reservasi : uang reservasi dibayarkan apabila anda ingin melakukan negosiasi terhadap unit yang akan anda beli. Uang reservasi bersifat Refundable atau akan dikembalikan apabila negosiasi antara anda dengan pihak penjual (developer) tidak mencapai titik temu. Uang reservasi maksimal mengikat unit selama 1 minggu sejak dibayarkan.  Uang reservasi wajib dibayarkan melalui rekening atas nama PT Perantara Properti Indonesia , Pembayaran diluar rekening atas nama tersebut tidak menjadi tanggung jawab kami. Uang reservasi akan kami kembalikan maksimal dalam 3 hari kerja setelah anda memutuskan tidak jadi melanjutkan pemesanan.
  • Booking fee : Booking fee merupakan uang tanda jadi yang anda bayarkan untuk memesan unit. Booking fee bersifat non refundable atau tidak dapat dikembalikan atas alasan apapun. Booking fee yang anda bayarkan merupakan bagian dari harga jual unit maka akan mengurangi sisa jumlah kewajiban anda kepada penjual (developer).
  • DP / Down Payment / Pembayaran tambahan : segala bentuk pembayaran anda kepada penjual atas pemesanan unit selain Booking Fee di awal, dapat disebut DP atau Down Payment dan atau Pembayaran tambahan. Setiap Pembayaran dengan jenis ini bersifat Refundable namun tetap menyesuaikan dengan aturan yang terdapat di cara transaksi pembelian anda (KPR, Cash bertahap , Cash keras) atau kesepakatan anda dengan pihak penjual (developer).
  • Plafond KPR : merupakan pembayaran anda kepada pihak penjual melalui pinjaman anda yang telah disetujui oleh pihak bank, plafond KPR akan dicairkan oleh Bank kepada Penjual segera setelah anda menandatangani perjanjian/akad dengan pihak Bank.
  • Pelunasan : merupakan pembayaran terakhir anda kepada penjual yang melunasi seluruh nilai jual-beli.

Panduan Transaksi Pembelian KPR

  1. Jangka waktu penyelesaian transaksi pada penjualan KPR adalah maksimum 75 hari terhitung sejak booking fee dibayarkan & Transaksi KPR selesai setelah akad kredit dilakukan. 
  2. Anda wajib melakukan akad kredit sebelum tanggal batas akhir waktu penyelesaian transaksi. Apabila pada tanggal tersebut transaksi anda belum selesai (akad belum dilakukan) & anda tidak ditolak pengajuan KPR nya oleh pihak Bank. maka anda dianggap melakukan pembatalan sepihak.
  3. Ketentuan tentang Pembatalan Sepihak tercantum pada halaman Pricelist masing-masing proyek.
  1. Setelah cocok terhadap unit & harga , maka anda dapat membayarkan Booking Fee sesuai dengan jumlah & rekening tujuan yang tercantum pada Pricelist .
  2. Setelah pembayaran Booking Fee maka marketing akan menerbitkan kwitansi pembayaran & membuatkan SPR (Surat Pemesanan Rumah) yang berisikan unit yang anda beli & jadwal pembayaran yang disepakati
  3. Anda dapat meminta dokumen-dokumen legalitas untuk unit yang anda pesan setelah anda membayarkan booking fee, dokumen dimaksud seperti Sertifikat,IMB & PBB atas unit yang anda pesan
  4. Anda wajib Membayar sesuai dengan jadwal pembayaran yang telah disepakati. Yang tercantum pada SPR (Surat Pemesanan Rumah). & kami akan segera memintakan kwitansi pembayaran setelah pembayaran anda lakukan.
  5. 7 hari setelah membayar Booking fee anda wajib Mengumpulkan Berkas KPR & mengisi formulir pengajuan KPR yang dapat anda isi disini : LINK FORMULIR KPR
  6. Kami akan menerbitkan surat pemberitahuan apabila anda belum melengkapi berkas pengajuan KPR pada hari ke 7 (belum lengkap ataupun belum mengumpulkan akan diterbitkan SP) tujuan penerbitan SP adalah agar anda terhindar dari pembatalan transaksi. sebab proses pengajuan , persetujuan hingga akad kredit akan memakan waktu cukup lama dikarenakan melibatkan pihak ke 3 (bank)
  7. Anda wajib melengkapi dokumen-dokumen lain yang mungkin diminta oleh pihak bank diluar dokumen standard pengajuan kredit.
  8. Setelah Pengajuan Kredit disetujui maka anda wajib untuk segera melakukan akad kredit , akad kredit wajib dilakukan sebelum tanggal akhir penyelesaian transaksi (75 hari sejak booking fee) .
  9. Pada saat akad kredit, anda akan dibuatkan kwitansi lunas atas pembelian rumah anda.
  10. apabila anda masih memiliki kekurangan pembayaran setelah akad kredit dilakukan,  maka anda akan diminta membuat SPH (surat penyataan hutang) yang berisikan tentang total jumlah sisa hutang, rencana jumlah pembayaran & jadwal pembayaran.
  11. Jangka waktu Penyelesaian Bangunan oleh pihak developer tercantum pada pricelist masing-masing proyek. 
  12. Garansi Bangunan diberikan khusus untuk unit indent saja, garansi bangunan berlaku selama 3 bulan sejak serah terima bangunan.
  13. Perubahan terhadap bangunan menyebabkan garansi hangus & penjual/developer tidak berkewajiban untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada unit yang anda beli.

Berkas KPR untuk Karyawan

1. DATA DIRI

  • KTP suami-istri ( jika ada )
  • Kartu Keluarga
  • Buku Nikah ( jika ada )
  • NPWP suami-istri (jika ada)
2. DATA PEKERJAAN/PENGHASILAN
  • FC Rekening Koran 3 bulan terakhir ( boleh lebih dari 1 rek ).
  • Surat Keterangan Kerja (wajib )
  • surat kenaikan pangkat/jabatan (jika ada)
  • Slip Gaji 3 Bulan Terakhir (wajib).
CATATAN :
  • Jika anda & pasangan sama-sama bekerja, maka lampirkan seluruh berkas milik anda & pasangan anda.
  • Jika pasangan anda tidak bekerja, maka cukup lampirkan berkas anda saja.
  • Untuk pengajuan kredit, harus diajukan dengan Nama yang memiliki penghasilan.
  • Untuk Kepemilikan rumah, bisa anda namakan ke pasangan anda ( tidak harus sama dengan nama pemohon kredit / yang memiliki penghasilan )

Yang membantu mempengaruhi penilaian Bank terhadap anda : 

  • anda Bekerja di perusahaan Besar atau PNS, BUMN etc.
  • penghasilan anda tertulis di mutasi rekening koran yang anda lampirkan.
  • Anda Tidak memiliki kredit macet Kepada Bank. ( BI checking anda baik )
  • Kredit yang lancar justru makin memuluskan proses pengajuan KPR anda, dengan catatan bahwa besaran kredit yang anda miliki saat ini masih proporsional & memungkinkan untuk anda menambah kredit lagi.
  • usia yang lebih muda. rentan usia yang dibolehkan mengambil kredit adalah mulai umur anda 21 tahun . Dan batas pelunasan kredit adalah ketika usia anda maksimum di 56 tahun. ( maka jika usia anda saat ini sudah 50 tahun, anda maksimum diberikan tenor kredit hanya 6 tahun saja oleh pihak bank )

Catatan penting untuk Pengajuan KPR karyawan. 

  • Bank menilai anda berdasarkan THP (take home pay) atau seluruh besaran penghasilan anda hasilkan perbulan yang dapat anda buktikan.
  • maka jika anda memiliki penghasilan apapun diluar slip gaji anda, lampirkan buktinya dalam bentuk apapun. Nota perjalanan dinas , Bonus-Bonus, komisi, dll atau misalkan anda memiliki penghasilan dari usaha sampingan maka lampirkan saja bukti-buktinya. karena akan mempengaruhi penilaian pihak bank terhadap anda.
  • Bank lebih prefer terhadap anda yang memiliki penghasilan yang tercantum di rekening koran. namun apabila anda menerima penghasilan anda dalam bentuk cash (non transfer rekening ) maka pastikan anda dapat melampirkan bukti penerimaan tersebut. bukti penerimaan dimaksud adalah seperi Slip gaji disertai kwitansi , surat keterangan , dll.

1. DATA DIRI

  • KTP suami-istri ( jika ada )
  • Kartu Keluarga
  • Buku Nikah ( jika ada )
  • NPWP suami-istri (jika ada)
2. DATA PEKERJAAN/PENGHASILAN
  • FC Rekening Koran 6 bulan terakhir ( boleh lebih dari 1 rek ).
  • Laporan Laba-rugi 6 bulan terakhir
  • Neraca keuangan terakhir ( balance sheet )
3. LEGALITAS PERUSAHAAN
  • Akta Pendirian PT atau CV, beserta akta perubahan terbaru jika ada
  • SIUP , TDP & NPWP Perusahaan, untuk yang berbentuk PT & CV.
  • Jika anda usaha anda bukan merupakan CV atau PT, maka anda bisa juga menggunakan SKDU ( surat keterangan domisili usaha ) atau surat keterangan usaha,  yang dapat anda urus di instansi pemerintahan setempat dimana anda melakukan kegiatan usaha. ( kelurahan,kecamatan, dinas etc )
  • Foto lokasi usaha.

Tips untuk pengajuan KPR Pengusaha

secara umum, Pengajuan KPR untuk pengusaha memiliki kompleksitas/tingkat kerumitan kelengkapan berkas yang lebih untuk dilampirkan kepada pihak bank, jika dibandingkan dengan kelengkapan berkas untuk pemohon dari karyawan atau profesi. tapi tingkat kerumitan tersebut justru sebetulnya dimaksudkan untuk  memudahkan pengusaha untuk mendapatkan fasilitas kredit dari segi jumlah Rasio hutang yang akan diberikan dengan pendapatan yang bersangkutan. namun jika anda termasuk pengusaha  yang kurang rapih secara administrasi & anda adalah direktur utama / memiliki jabatan diperusahaan yang anda miliki tersebut. baiknya anda mengajukan permohonan kredit via jalur karyawan dengan gaji/pendapatan yang anda Terima atas jabatan anda di perusahaan anda tersebut agar berkas nya menjadi lebih mudah.

 

CATATAN  :

  • Usaha anda minimum berlangsung 2 tahun ( sejak didirikan hingga saat anda ingin mengajukan KPR )
  • Jika pasangan anda tidak bekerja, maka cukup lampirkan berkas anda saja.
  • Untuk pengajuan kredit, harus diajukan dengan Nama yang memiliki penghasilan.
  • Untuk Kepemilikan rumah, bisa anda namakan ke pasangan anda ( tidak harus sama dengan nama pemohon kredit / yang memiliki penghasilan )

Yang membantu mempengaruhi penilaian Bank terhadap anda : 

  • Profil Perusahaan anda, faktor-faktor seperti Lokasi usaha, jumlah karyawan, jumlah stock barang yang anda miliki, & hal-hal lain yang menunjukan bahwa anda adalah pengusaha yang memliki kemampuan untuk membayar kembali pinjaman dari pihak bank akan sangat mempengaruhi penilaian bank terhadap anda .
  • penghasilan usaha anda tertulis di mutasi rekening koran yang anda lampirkan.
  • Anda & perusahaan anda Tidak memiliki kredit macet Kepada Bank. ( BI checking anda & perusahaan baik )
  • Kredit yang lancar justru makin memuluskan proses pengajuan KPR anda, dengan catatan bahwa besaran kredit yang anda miliki saat ini masih proporsional & memungkinkan untuk anda menambah kredit lagi.
  • usia yang lebih muda. rentan usia yang dibolehkan mengambil kredit adalah mulai umur anda 21 tahun . Dan batas pelunasan kredit adalah ketika usia anda maksimum di 56 tahun. ( maka jika usia anda saat ini sudah 50 tahun, anda maksimum diberikan tenor kredit hanya 6 tahun saja oleh pihak bank )

Catatan penting untuk Pengajuan KPR Pengusaha. 

  • Bank menilai anda berdasarkan Rata-Rata pemasukan dikurangi pengeluaran yang ada pada rekening anda selama 6 bulan terakhir ( dijumlahkan & lalu dibagi rata2 oleh bank ).
  • maka jika anda atau pasangan memiliki beberapa rekening, pastikan anda melampirkan seluruh rekening tersebut.
  • Bank lebih prefer terhadap anda yang memiliki penghasilan yang tercantum di rekening koran. namun apabila anda menerima penghasilan anda dalam bentuk cash (non transfer rekening ) maka pastikan anda dapat melampirkan bukti penerimaan tersebut. bukti penerimaan dimaksud adalah seperi nota-nota atau invoice atau bukti pemesanan dari client,  kwitansi , dll.

1. DATA DIRI

  • KTP suami-istri ( jika ada )
  • Kartu Keluarga
  • Buku Nikah ( jika ada )
  • NPWP suami-istri (jika ada)
2. DATA PENGHASILAN
  • FC Rekening Koran 6 bulan terakhir ( boleh lebih dari 1 rek ).
  • Laporan Laba-rugi 6 bulan terakhir
  • Neraca keuangan terakhir ( balance sheet )
  • Surat kontrak dengan client, atau bukti-bukti penghasilan lainnya sesuai profesi anda
3. LEGALITAS PROFESI
  • Surat izin praktek profesi anda
  •  dokumen sejenis surat izin atau surat lainya yang menyatakan bahwa anda adalah professional/memiliki skill di bidang anda tersebut. seperti surat keanggotan di asosiasi profesi anda pun bisa dilampirkan ( jika ada )
  • dokumen lain seperti ijazah , sertifikasi dll jika dilampirkan akan lebih baik.

Tips untuk pengajuan KPR Professional

Hal yang akan ditinjau oleh pihak bank terhadap anda yang memiliki penghasilan bersumber pada profesi atau freelancer adalah berapa penghasilan rata-rata anda dalam 6 bulan terakhir & seberapa ahli anda dibidang tersebut. karena pada dasarnya bank ingin memastikan bahwa ada akan memiliki income yang berkesinambungan dari profesi yang anda geluti  tersebut. maka pastikan anda untuk melengkapi dokumen se-lengkap-lengkapnya pada saat pengajuan KPR.

 

CATATAN  :

  • anda sudah menjalankan profesi anda tersebut minimum 2 tahun sejak didirikan hingga saat anda ingin mengajukan KPR.
  • Jika pasangan anda tidak bekerja, maka cukup lampirkan berkas anda saja.
  • Untuk pengajuan kredit, harus diajukan dengan Nama yang memiliki penghasilan.
  • Untuk Kepemilikan rumah, bisa anda namakan ke pasangan anda ( tidak harus sama dengan nama pemohon kredit / yang memiliki penghasilan )

Yang membantu mempengaruhi penilaian Bank terhadap anda : 

  • Profil anda, faktor-faktor seperti tempat praktek, jumlah karyawan, seberapa sering anda mendapatkan kontrak, sertifikasi-sertifikasi keahlian, keanggotan di asosiasi profesi anda geluti, & atau bukti lain yang dapat menunjukan bahwa anda adalah seorang professional yang memliki keahlian dibidang yang anda geluti akan sangat mempengaruhi penilaian bank terhadap anda . maka harap dilampirkan saat pengajuan.
  • penghasilan usaha anda tertulis di mutasi rekening koran yang anda lampirkan.
  • Anda Tidak memiliki kredit macet Kepada Bank. ( BI checking anda baik )
  • Kredit yang lancar justru makin memuluskan proses pengajuan KPR anda, dengan catatan bahwa besaran kredit yang anda miliki saat ini masih proporsional & memungkinkan untuk anda menambah kredit lagi.
  • usia yang lebih muda. rentan usia yang dibolehkan mengambil kredit adalah mulai umur anda 21 tahun . Dan batas pelunasan kredit adalah ketika usia anda maksimum di 56 tahun. ( maka jika usia anda saat ini sudah 50 tahun, anda maksimum diberikan tenor kredit hanya 6 tahun saja oleh pihak bank )

Catatan penting untuk Pengajuan KPR Profesi. 

  • Bank menilai anda berdasarkan Rata-Rata pemasukan dikurangi pengeluaran yang ada pada rekening anda selama 6 bulan terakhir ( dijumlahkan & lalu dibagi rata2 oleh bank ).
  • maka jika anda atau pasangan memiliki beberapa rekening, pastikan anda melampirkan seluruh rekening tersebut.
  • Bank lebih prefer terhadap anda yang memiliki penghasilan yang tercantum di rekening koran. namun apabila anda menerima penghasilan anda dalam bentuk cash (non transfer rekening ) maka pastikan anda dapat melampirkan bukti penerimaan tersebut. bukti penerimaan dimaksud adalah seperi nota-nota atau invoice , kontrak atau bukti pemesanan dari client,  kwitansi , dll.

Panduan Transaksi Pembelian Cash Bertahap

  1. Jangka waktu penyelesaian transaksi pada transaksi Cash bertahap bergantung pada kesepakatan anda dengan pihak penjual / developer, terkait dengan jadwal pembayaran.
  2. Kesepakatan anda dengan pihak penjual terkait jadwal pembayaran  & harga disepakati akan dicantumkan di dalam SPR (surat pemesanan rumah) atau pada PPJB (perjanjian pengikatan jual-beli).
  3. Apabila anda hendak melakukan negosiasi terkait harga jual & cara bayar sebelum melakukan pembayaran Booking fee, maka anda dapat terlebih dahulu membayar uang reservasi & melakukan negosiasi dengan pihak penjual.
  4. Anda wajib mengikuti jadwal pembayaran yang telah disepakati bersama , karena setiap keterlambatan maupun Perubahan cara bayar setelah adanya kesepakatan akan mengakibatkan perubahan harga & atau denda.
  1. Setelah cocok terhadap unit, harga & jadwal bayar , maka anda dapat membayarkan Booking Fee sesuai dengan jumlah & rekening tujuan yang tercantum pada Pricelist .
  2. Setelah pembayaran Booking Fee maka marketing akan menerbitkan kwitansi pembayaran & membuatkan SPR (Surat Pemesanan Rumah) yang berisikan unit yang anda beli & jadwal pembayaran yang telah disepakati
  3. Anda dapat meminta dokumen-dokumen legalitas untuk unit yang anda pesan setelah anda membayarkan booking fee, dokumen dimaksud seperti Sertifikat,IMB & PBB atas unit yang anda pesan
  4. Anda wajib Membayar sesuai dengan jadwal pembayaran yang telah disepakati Yang tercantum pada SPR (Surat Pemesanan Rumah). & kami akan segera memintakan kwitansi pembayaran segera setelah pembayaran anda lakukan.
  5. Anda dapat meminta untuk dibuatkan PPJB (perjanjian pengikatan jual-beli) setelah pembayaran anda mencapai 30% (tiga puluh persen) dari harga jual. PPJB berisikan kesepakatan-kesepakatan yang telah tercantum sebelumnya pada SPR & bisa menambahkan poin-poin lain yang mungkin belum tercantum pada SPR. 
  6. Serah terima bangunan indent , umumnya akan dilakukan 8 bulan sejak pembayaran anda mencapai 30% dan seluruh pembayaran telah lunas. namun hal ini menyesuaikan dengan kesepakatan anda pada PPJB /SPR dengan pihak penjual. 
  7. AJB akan dilakukan paling lambat 14 hari setelah pelunasan .
  8. Untuk bangunan ready stock maka serah terima bangunan & AJB akan dilakukan setelah seluruh pembayaran lunas.
  9. Garansi Bangunan diberikan khusus untuk unit indent saja, garansi bangunan berlaku selama 3 bulan sejak serah terima bangunan.
  10. Perubahan terhadap bangunan menyebabkan garansi hangus & penjual/developer tidak berkewajiban untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada unit yang anda beli.

Panduan Transaksi Pembelian Cash Keras

  1. Jangka waktu penyelesaian transaksi pada transaksi Cash maksimum 1 bulan sejak pembayaran booking fee. 
  2. Apabila anda hendak melakukan negosiasi terkait harga jual & cara bayar sebelum melakukan pembayaran Booking fee, maka anda dapat terlebih dahulu membayar uang reservasi & melakukan negosiasi dengan pihak penjual.
  3. AJB akan dilakukan 14 hari sejak pelunasan
  1. Setelah cocok terhadap unit, harga & jadwal bayar , maka anda dapat membayarkan Booking Fee sesuai dengan jumlah & rekening tujuan yang tercantum pada Pricelist .
  2. Setelah pembayaran Booking Fee maka marketing akan menerbitkan kwitansi pembayaran & membuatkan SPR (Surat Pemesanan Rumah) yang berisikan unit yang anda beli & jadwal pembayaran yang telah disepakati
  3. Anda dapat meminta dokumen-dokumen legalitas untuk unit yang anda pesan setelah anda membayarkan booking fee, dokumen dimaksud seperti Sertifikat,IMB & PBB atas unit yang anda pesan
  4. Anda wajib Membayar sesuai dengan jadwal pembayaran yang telah disepakati Yang tercantum pada SPR (Surat Pemesanan Rumah). & kami akan segera memintakan kwitansi pembayaran segera setelah pembayaran anda lakukan.
  5. Serah terima bangunan indent , umumnya akan dilakukan 8 bulan sejak Pelunasan / AJB.
  6. AJB akan dilakukan paling lambat 14 hari setelah pelunasan .
  7. Untuk bangunan ready stock maka serah terima bangunan & AJB akan dilakukan setelah seluruh pembayaran lunas.
  8. Garansi Bangunan diberikan khusus untuk unit indent saja, garansi bangunan berlaku selama 3 bulan sejak serah terima bangunan.
  9. Perubahan terhadap bangunan menyebabkan garansi hangus & penjual/developer tidak berkewajiban untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada unit yang anda beli.

Hak Cipta © 2019 - PT Perantara Indonesia. Semua Hak Dilindungi.